Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini aku mau sedikit cerita pengalaman ikut PMDK-
PN 2019 berhubung aku juga tidak keterima jalur undangan snmptn. Jalur masuk
ptn tuh banyak yah makanya kamu harus aktif cari info sana- sini, jangan hanya
mengandalkan jalur SBMPTN, SNMPTN, MANDIRI. Ada juga jalur undangan
politeknik, ptkin, prestasi dsb. Kaya contohnya setiap universitas ada juga yang
punya jalur tulis seperti sbm tapi bukan mandiri, maka dari itu kalian cari
info sebanyak- banyaknya jangan sampai kelewat tanggalnya dan akhirnya hilang
deh kesempatan. Follow akun- akun sharing kelas 12, ptn gitu- gitu. Apalagi calon-
calon anak kelas 12 dari awal semester siapin segalanya.
Jadi
setelah aku dinyatakan gagal snmptn, buru- buru deh tuh ke bk mau daftar pmdkpn
ini, karena waktunya tinggal semingguan lagi soalnya nunggu pengumuman snmptn
dulu hamper lama. PMDK-PN itu apa sih?? Singkatan dari Penelusuran Minat dan
Kemampuan Politeknik Negeri, jadi sistemnya sama kaya snmptn yaitu undangan
pakai nilai rapot selama 5 semester. Nah PMDK-PN ini isinya hanya Politeknik
Negeri dari seluruh Indonesia, makanya kalau mau masuk poltek ya jalurnya ini,
ga ada di sbm/snm. Di politeknik sendiri hanya bergelar D3, D4 artinya ga ada
S1 ya, S1 mah di universitas. D3 kuliahnya hanya 3 tahun, D4 4 tahun, gelar ini
masih di bawah S1. Singkat cerita daftarlah PMDK-PN, eh tapi ini emang agak
ribet dari snmptn, ya iyalah semuanya butuh perjuangan dong. Pertama yang pasti
lapor ke bk mau daftar jalur ini. Terus kalo udah nanti di kasih username dan
password buat daftar di web resminya. Setelah login ada video tutorial di
tonton biar tau pengisiannya. Pas
pengisiannya emang ribet, jangan lupa siapin berkas- berkasnya. kaya gini.
Sebenernya
sk pengangkatan kepala sekolah ga sih waktu aku. Semua persyaratan itu di scan
loh terus dijadikan pdf, ukuran filenya pun sudah ditentukan, kalo kegedean
harus dikecilin, bikin pusing disini susah ngecilin file jadi kb tapi gambarnya
maunya bagus. Untuk rapot 5 semester semua di scan & nilai pengetahuan sm
keterampilan jgn lupa. Gambar kedua itu pengisian rapot, oh iya waktu rata-rata
yang dipakai seluruh nilai pengetahuan + keterampilan di bagi 2. Disini juga
simpang siur banyak yang salah karena cuman pakai nilai pengetahuan aja
ternyata dua- duanya yang di pakai. Nah di pmdkpn juga bisa kok pake bidikmisi.
Tinggal minta kap dan pin di web bidikmisi terus masukin di web nya pmdk. Kalo udh
selesai dapet deh kartu peserta. Kaya gini contohnya, map w sensor hehe.
Setelah
waktu pengisian abis, tinggal nunggu pengumuman deh. Pengumuman siang waktu itu
lupa jamnya, dari siang web nya down parah. Ga bisa diakses sama sekali, cek ig,
twitter belum ada yang berhasil masuk
cuman beberapa gelintir orang. Kelamaan akhirnya tidur dulu.
Dan
tiba- tiba malem muncul keluar gambar ini, Alhamdulillah muncul. Buru- buru deh
masukin no registrasi yang ada di kartu peseta, udh excited semoga keterima. Eh
yang muncul..
Mana gede banget tulisannya
:”( sedih tapi ga bisa nangis. Coba refresh lagi terus liat di hp tulisannya
juga sama. Udah down ketolak 2x bingung mau daftar dimana lagi. Akhirnya mau
gimanapun juga pasti bgt daftar sbm. Abis itu dapet info ada tes tulis uin dengan
nama UMPTKIN. Dan aku nyoba juga, ga ada salahnya di coba. Aku juga mau coba
STAN. Lain kali aku ceritain pengalaman berikutnya.



Komentar
Posting Komentar