Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh, haloo semuanya. Jadi aku mau sedikit cerita tentang
pengalaman aku ikut snmptn 2019 ini, mungkin bisa jadi patokan kalian nanti
atau gimana atau cuman sekedar info dan tau aja juga gapapa. Yang pasti udah
punya gambaran gimana, karena emang tau sendiri kan segala sistem ptn di tahun
2019 ini beda sama tahun sebelumnya.
Pertama
saat aku naik kelas 12 semuanya itu berubah jadi ambis, termasuk aku. Karena
jujur aja aku udah nargetin untuk
dapetin snmptn intinya udah nyiapin dari kelas 10 lah ya. Nilai kelas 10
gabagus jujur termasuk jelek peringkat
kelas pun belasan hehe, tapi meningkat di kelas 11 makanya mau ambis di kelas
12. Aku gaikut les kaya yang lainnya, padahal hampir sekelas semua ikut bimbel.
Sempet bujuk ortu maksa les, tapi ga sanggup bayar karena biaya les emg mahal
bagi kalanganku :”). Tapi jujur les menurutku juga ga begitu ngaruh klo kamu ga
berusaha, intinya semua pun tergantung kamunya aja dan Alhamdulillah aku bisa
masuk pemeringkatan seleksi di sekolah tanpa les samasekali yeeyy, supaya bisa
daftar snm itu di dlm satu kelas itu rata2 cuman 10an anak yang boleh daftar tahun2
dulu kan ga gini dan aku bangga banget dong. Eh tapi sebelumya aku daftar
bidikimisi. Apasih bidikmisi? Nah bidikmisi adalah bantuan beasiswa untuk
mereka yang ekonomi ke bawah supaya bisa melanjutkan kuliah. Ini ngebantu bgt, bisa juga buat daftar utbk 200k
menjadi gratis tapi untuk yang ga mampu aja ya klo kamu mampu jgn dongs. Cara
daftarnya gimana? Nah ini :
- Sebelum bgt mau daftar snmptn kaya masukin nilai2. Kamu ke bk deh tanya guru bk gimana klau mau daftar jadi peserta bidikmisi. Pasti di jelasin, klo aku kemaren sehabis dijelasin aku nulis nama klo mau daftar bidikmisi
- Setelah itu klo aku dipanggil bk dan dikasi no. pendaftaran sm password untuk login di web bidikmisi >> https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/default/login
- Kalo udah login isi deh semua formnya lengkap, harus jujur! kaya gini kira2 penampakannya.
4. Nah kalo mau daftar snmptn dan terdaftar
sebagai bidikmisi kamu klik seleksi lalu kap dan pin, trs nomernya dipakai nanti buat daftar
snm nya
Oke
lanjut setelah pemeringkatan snm, mulai deh daftar, dikasih waktu seminggu kalo
ngga salah. Oh iya usahain bgt jangan daftar mendekati hari terakhir karna web
bakal down udh tau lah ya. Sempet kasian sama curhatan org gagal daftar krn
saran dri bk nya ngasi tau trik untuk daftar pas hari terkahir taunya web down
gabisa di akses. Oh iya dulu aku sempet ngincer UI tp gajadi krn liat nilai
pesimis duluan :” kebanyakan tuh yang lain daftar UGM, UNPAD, ITB, IPB, UI, dll
makanya aku milih yang jarang aja hehe yaitu UIN Syarif Jakarta. Aku gaikut
rasionalisasi btw.
Pilihan 1 Ilmu Perpustakaan UIN
Pilihan 2 Ekonomi & Studi pembangunan UIN
Udh
pede yakin keterima, karena mikir di sklh jarang yg pilih UIN kan udh gitu univ
+ jurusan pilihan ku masih kategori cari aman. Kalo ada yg bingung kan uin
gabisa bidikmisi. Emg iya bener. Tapi aku nekat pilih krn setelah memperoleh info
dari berbagai sumber ada bidikmisi uin tp dia dibawah kemenag. Intinya ada.
Jujur aku mengakui aku sombong, nganggep gampang,dan jarang doa sampai pas
pengumuman dengan santai ga deg2an sama sekali. Eh jeng jeng….
Aku ga lolos..
Sedih? Iyalah,
jujur sampe nangis. Udh persiapan dari kls 10 gagal gitu aja. Awalnya gamau
nangis tp gabisa L, sangking
sebelnya dan down nya aku kala itu. Aku matiin segala socmed karena isinya
semua snapgram lolos snmptn, kan nyesegg. Pengen ucapin selamat tp gua gondok
gimana ya pffttt ngerasa nilai ku lumayan, pilihan univ sm jurusan pun aman kok
tetep gagal huhuhhu. sampe download file pdf yg keterima snm, nyari nama berulang kali tetep gaada.
Nah
itu, penilaian snmptn emg misteri
ya, cuman univ, ltmpt sama Tuhan yang tau. Tapi sehabis itu kita ambil hikmah
nya aja kalo emg ga lolos mungkin emg bukan rezeki kita disitu, atau tempat itu
blm pas buat kamu dan Allah itu mengabulkan apa yang kamu butuhkan bukan kamu
inginkan. kalo kalian nanti keterima
banyakin bersyukur berapa banyak org yg pengen diposisi kamu, kalo pun gagal
tetep semangat karena jalur masuk bukan snmptn doang. Hidup hrs tetep jalan jd gausah
sedihin hal terlalu lama, bangkitt dongs. Aku paham bener gagal gmn. sedih dah. Tapi kita harus tetep SEMANGAT,
SEMANGAT SEMUANYA!!
Selanjutnya aku
bakal share pengalaman ikut jalur undangan pmdkpn 2019 ya nanti.


Komentar
Posting Komentar